-->
 
Sejarah EURO CUP

BERANDAARCHIVEQUR'ANYASINTAHLILAMALAN

     
EURO CUP HISTORY

S
iapa sih yang tak kenal dengan EURO CUP ? EURO CUP adalah ajang bergengsi pertandingan sepak-bola negara-negara di Benua Eropa, yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali. Pagelaran EURO CUP merupakan tontonan bola yang selalu ditunggu-tunggu oleh FOOTBALL LOVER di seluruh penjuru dunia. Tahukah sobat apa yang menarik dari pertandingan EURO CUP ini ?. Yang pertama tentunya pertandingannya yang selalu di ikuti negara-negara di Benua Eropa dengan materi pemain yang berkelas dan berkualitas, yang selalu menyuguhkan permainan yang begitu apik, Sportifitas antar pemain yang selalu dijunjung tinggi dan juga penontonnya yang begitu sportif ( tidak anarkis ). Lalu kapankah persepakbolaan tanah air bisa menjadi suatu tontonan yang begitu apik seperti di Benua Eropa, yang penontonnya duduk tertib menonton pertandingan ( tanpa pagar ), sedangkan di Indonesia penontonnya di pagar besi tapi masih juga ada yang nekad masuk kelapangan dan bikin onar. Itulah salah satu dilema persebakbolaan tanah air yang harus segera dibenahi, biar sepak bola tanah air ini menjadi satu tontonan yang apik dan aman. (source : All Media/books N elektronik)

M
ungkin kita perlu sedikit tahu bagaimana asal dan sejarah berdirinya  EURO CUP. EURO CUP Awalnya bermula dari ide sederhana seorang Sekretaris Federasi Sepakbola Prancis (FFF) yang bernama Henri Delaunay pada tahun 1927 (bulannya kurang tau saya). Saat itu Henri Delaunay ingin sekali diadakan (diselenggarakan) pertandingan sepak bola antar negara-negara di Eropa dan diselenggarakan dinegara-negara diwilayah Benua Eropa secara bergiliran. Namun ide Henri Delaunay tersebut tidak mendapatkan persetujuan atau tidak di konfirmasi oleh UEFA (Union of European Football Associations/persatuan sepak bola Eropa). UEFA saat itu malah menggelar kompetisi Sepak bola antar klub Benua Eropa yang sering disebut dengan Piala Champions ( UEFA Champions League ).  Dan UEFA Champions League sendiri mulai diselenggarakan pada tahun 1954.

T
entu saja hal tersebut membuat Henri Delaunay sangat kecewa, dan selang beberapa waktu kemudian Henri Delaunay jatuh sakit, akhirnya meninggal dunia pada November 1955. Setelah meninggalnya tokoh penting persepakbolaan Eropa tersebut, tepatnya pada saat diselenggarakan Kongres UEFA (Union of European Football Associations/persatuan sepak bola Eropa) tahun 1957, UEFA (Union of European Football Associations/persatuan sepak bola Eropa) baru mengkonfirmasi dan menyetujui ide Henri Delaunay itu. Hal tersebut dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan kepada Henri Delaunay. Untuk pertama kalinya UEFA akan menyelenggarakan pertandingan Sepak bola EURO CUP, dan UEFA (Union of European Football Associations/persatuan sepak bola Eropa) memilih Perancis sebagai tuan rumah pertama diselenggarakannya Piala Eropa. Pertandingan Piala Eropa yang pertama kali tersebut diselenggarakan pada tahun 1960. Pada pertandingan Piala Eropa pertama ini, Negara Uni Soviet yang kini menjadi Rusia keluar sebagai Juara (pemenang) setelah berhasil mengalahkan Yugoslavia di pertandingan final EURO CUP 1960 dengan skor 2-1.

Dan mulai saat itu setiap 4 tahun sekali diselenggarakanlah EURO CUP.
DAFTAR JUARA EURO CUP dan NEGARA TEMPAT PERTANDINGAN
TAHUNJUARA EURO CUPTEMPAT EURO CUP
1960Rusia (Uni Soviet) Prancis
1964SpanyolSpanyol
1968Italia di Italia
1972Jerman BaratBelgia
1976Republik CekoYugoslavia
1980Jerman BaratItalia
1984PrancisPrancis
1988Belanda Jerman Barat
1992DenmarkSwedia
1996Jerman Inggris
2000Prancis Belanda dan Jerman
2004YunaniPortugal
2008SpanyolAustria dan Swiss
2012Spanyol Polandia dan Ukraina

Sekilas Sejarah EURO CUP dan Semoga Bermanfaat
Posted On : 4 Juli 2012 Time : 17.15
SHARE TO :
| | Powered By : C.(BH-elatos) | Copyright By : cuerosbhelatos | |