-->
 
Manfaat Bawang Merah

BERANDAARCHIVEQUR'ANYASINTAHLILAMALAN

     
Translate @
Bawang Merah
B
awang merah atau nama latinnya "Allium cepa L" adalah kelompok Aggregatum, merupakan sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan khususnya di wilayah Asia Tenggara dan juga dunia. Orang Jawa menyebutnya sebagai brambang. Bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah umbinya, meskipun beberapa jenis masakan juga menggunakan daun serta tangkai bunganya sebagai bumbu penyedap masakan. Tanaman bawang merah ini diduga berasal dari daerah Asia Tengah dan Asia Tenggara.

B
awang goreng adalah bawang merah yang diiris tipis-tipis dan digoreng dengan minyak goreng. Pada umumnya, masakan Indonesia seperti soto, kare, mie goreng, bakso, juga menggunakan bawang goreng sebagai penyedap sewaktu dihidangkan. Dan sate juga menggunakan irisan bawang mentah sebagai penyedap atau juga sebagai penghilang bau pada sate kambing.
Kandungan Bawang Merah
Bawang merah mengandung berbagai macam vitamin dan zat yang berguna untuk kesehatan, yaitu ;
  1. Vitamin C
  2. Kalium
  3. Serat dan asam folat
  4. Kalsium dan zat besi
  5. Zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin
Kegunaan lain dari bawang merah adalah sebagai obat tradisional, bawang merah dikenal sebagai obat karena mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin oleh enzim alliinase selanjutnya diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai anti mikoba yang bersifat bakterisida.

Sebagai obat :
Selain sebagai bumbu penyedap masakan, khasiat bawang merah juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati beberapa penyakit, seperti :

D
emam : dan Perut Kembung pada Anak-anak Ramuan: Ambilah Umbi Bawang Merah (potong tipis) secukupnya, Minyak Kelapa secukupnya, Minyak Kayu Putih secukupnya. Cara pemakaian: campuran tersebut diremas-remas lalu dioleskan pada perut yang kembung, seluruh badan, kaki, dan tangan pada anak yang demam.

B
atuk : Ambil Umbi Bawang merah 4 gram Daun Poko segar 4 gram Daun Sembung segar 3 gram Herba Pegagan segar 4 gram Buah Adas 2 gram Air 125 ml. Cara pembuatan: campuran tersebut ditumbuk/diblender lalu diperas dan airnya perasannya diminum sehari 1kali. (atau juga bisa direbus sampai mendidih dan air rebusannya diminum).

K
encing Manis : Ambil Umbi Bawang Merah (dirajang) 4 gram Buah Buncis (dirajang) 15 gram Daun Salam (dirajang) 10 helai Air 120 ml. Cara pembuatan: campuran tersebut ditumbuk/diblender lalu diperas dan airnya perasannya diminum sehari 1kali, atau juga bisa direbus sampai mendidih dan air rebusannya diminum. (source : Herbal book N google)

Semoga Bermanfaat
Posted On : 8 Juni 2012 Time : 21.44
SHARE TO :
| | Powered By : C.(BH-elatos) | Copyright By : cuerosbhelatos | |