-->
 
Biografi Ir.Soekarno

BERANDAARCHIVEQUR'ANYASINTAHLILAMALAN

     
Bung Karno
Siapa yang tak kenal dengan Bung Karno, beliau adalah Presiden Republik Indonesia yang pertama, Beliau adalah Bapak proklamator Indonesia. BungKarno (Ir. Soekarno) mempunyai peranan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan Belanda. Beliau seorang Filsafator dan beliaulah yang merumuskan Pancasila, UUD 1945 dan dasar dasar pemerintahan Indonesia termasuk merumuskan naskah proklamasi kemerdekaan. Beliau adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia bersama dengan Drs. Mohammad Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945 memproklamatorkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Dan beliau akrab disapa dengan panggilan Bung Karno. Dan sampai sekarang pun jasa-jasa Bung karno tetap lekat dihati rakyat Indonesia. Dan dikota kelahiran beliau yaitu dikota Blitar setiap bulan Juni diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HAUL) Bung Karno. Yaitu meliputi, 1 Juni Hari Kelahiran Pancasila, 6 Juni Hari Kelahiran Bung Karno,dan puncaknya pada tanggal 21 Juni yaitu Hari Wafatnya Bung Karno.
Riwayat Kehidupan dan Pendidikan Bung Karno :
Lahir : di kota Blitar, Jawa Timur
Pada Tanggal : 6 Juni 1901 (Soekarno dilahirkan dengan nama Kusno Sosrodihardjo).
Ayah : Raden Soekemi Sosrodihardjo (seorang guru di Surabaya, Jawa-Timur).
Ibu : Ida Ayu Nyoman Rai (berasal dari Buleleng, Bali)
Waktu kecil Bung Karno tinggal bersama kakeknya di kota Tulungagung, Jawa Timur, Dan pada saat usianya 14 tahun,kawan bapaknya yang bernama Oemar Said Tjokroaminoto mengajak Bung Karno tinggal di kota Surabaya yang sekarang terkenal dengan sebutan kota Pahlawan. Dan selama tinggal dikota Surabaya Bung Karno disekolahkan ke Hoogere Burger School (H.B.S.) selepas sekolah beliau belajar mengaji di tempat Oemar Said Tjokroaminoto. Di Surabaya, Bung Karno sering bertemu dengan para tokoh dan pemimpin Sarekat Islam, dan Sarekat Islam itu adalah organisasi yang dipimpin Tjokroaminoto saat itu. Selanjutnya Bung Karno bergabung dengan organisasi Jong Java (Organisasi Pemuda Jawa).
Setelah tamat dari Hoogere Burger School (H.B.S.) Soerabaja pada tahun 1920, Bung Karno melanjutkan studinya ke Technische Hoge School yang sekarang terkenal dengan ITB (Institut Teknik Bandung) di Bandung Jawa-Barat. Bung Karno tamat dari ITB pada tahun 1925. Dan Saat berada dibandung Bung Karno berinteraksi dengan Bapak Tjipto Mangunkusumo dan Dr. Douwes Dekker, yang pada saat itu merupakan pemimpin dari organisasi besar yaitu National Indische Partij. Dan dari situlah beliau mengawali perjuagannya untuk tanah air kita tercinta.
Riwayat Keluarga Bung Karno :
Istri BeliauPutra-putri Bung Karno
  1. Oetari
  2. Inggit Garnasih
  3. Fatmawati
  4. Hartini
  5. Ratna Sari Dewi Soekarno ( Naoko Nemoto)
  6. Haryati

  1. Guruh Soekarnoputra
  2. Megawati Soekarnoputri (Presiden Indonesia masa jabatan 2001-2004)
  3. Guntur Soekarnoputra
  4. Rachmawati
  5. Sukmawati
  6. Taufan
  7. Bayu
  8. Kartika Sari Dewi Soekarno
Masa Kepimpinan Bung Karno :
Memimpin bangsa Indonesia sebagai Presiden Indonesia yang pertama  menjabat pada periode 1945 dan berakhir pada tahun 1966. Beliau lengser atas keputusan Sidang Umum MPRS tahun 1966.
Akhir Kehidupan Bung Karno :
Beliau Wafat : Pada tanggal 21 Juni 1970 di Wisma Yaso, Jakarta, karena sakit yang dideritanya.
Dimakamkan : di Kota Blitar, Jawa Timur, yang kini menjadi simbol dan kebanggaan warga masyarakat kota Blitar tersebut. Dan meskipun Bung Karno Sudah tiada namun beliau akan tetap hidup dihati dan jiwa kami.
Kutitipkan Bangsa dan Negara ini Padamu
"Aku tidak memikirkan benda-benda Duniawi seperti uang. Hanya Orang-orang yang tidak pernah menghirup apinya Nasionalisme yang dapat melibatkan hal-hal biasa seperti itu. Kemerdekaan adalah makanan hidupku, idiologi idealisme makanan daripada jiwaku, inilah semua yang kumakan. Aku sendiri hidup dalam kekurangan, akan tetapi apa salahnya mendayagunakan bangsa dan rakyatku secara bersama-sama menuju pilau harapan".
Untuk itulah aku hidup ! ( pesan : Bung Karno)
Posted On : 20 April 2012 Time : 22.18
SHARE TO :
| | Powered By : C.(BH-elatos) | Copyright By : cuerosbhelatos | |