-->
 
Sekilas Tentang Fifa World Cup

BERANDAARCHIVEQUR'ANYASINTAHLILAMALAN

     
* Fifa World Cup *
F
ifa World Cup (sepak bola piala dunia) merupakan ajang pertandingan sepak bola antar negara-negara didunia. Pagelaran Piala dunia ini di adakan setiap 4 tahun sekali, dengan memperebutkan sebuah Trofi/Piala Fifa World Cup. Sebuah perjalanan panjang bagi sebuah tim sepakbola bola suatu negara untuk masuk dan bertanding dalam Fifa World Cup. karena harus melalui babak kualifikasi atau penyisihan terlebih dahulu. Jadi sebuah tim itu harus memiliki kualitas bermain dan juga pemain dengan skill, stamina, strategi yang benar-benar bagus sehingga bisa lolos dari babak kualifikasi dan masuk ke ajang Piala Dunia.

Lalu kapan Indonesia bisa masuk dan ikut bertanding dalam pagelaran sepak bola kelas dunia ini? Mungkin 4, 8, 12, 16 atau 20 tahun lagi. Kita sebagai penggemar sepak bola harus tahu kalau Indonesia pernah menjadi wakil Asia yang pertama kali masuk ke Piala Dunia. Indonesia ikut bertanding dalam Piala Dunia pada tahun 1938, yang waktu itu adalah Piala Dunia ketiga yang di adakan di Perancis. Pada waktu itu tampil sebagai wakil Asia dengan nama Hindia Belanda, karena pada waktu itu adalah masa pemerintahan Hindia Belanda.
Photo Kesebelasan Hindia Belanda tahun 1938
Nama-nama Pemain Kesebelasan Hindia Belanda tahun 1938
  • Kiper: Tan "Bing" Mo Heng (HCTNH Malang), Jack Samuels (Hercules Batavia)
  • Belakang: Dorst, J. Harting Houdt Braaf Stand (HBS Soerabaja), Frans G. Hu Kon (Sparta Bandung), Teilherber (Djocoja Djogjakarta)
  • Tengah: G.H.V.L. Faulhaber (Djocoja Djogjakarta), Frans Alfred Meeng (SVBB Batavia), Achmad Nawir (HBS Soerabaja), Anwar Sutan (VIOS Batavia), G. van den Burgh (SVV Semarang)
  • Depan: Tan Hong Djien (Tiong Hoa Soerabaja), Tan See Han (HBS Soerabaja), Isaac "Tjaak" Pattiwael (VV Jong Ambon Tjimahi), Suvarte Soedarmadji (HBS Soerabaja), M.J. Hans Taihuttu Voetbal Vereniging (VV Jong Ambon Tjimahi), R. Telwe (HBS Soerabaja), Herman Zomers (Hercules Batavia)
* Pelatih: Johannes Mastenbroek (Belanda)
* Sejarah Fifa World Cup *
M
embahas sedikit tentang sejarah Sepak Bola Piala Dunia (Fifa World Cup). Fifa World Cup itu tercetus pada tahun 1904 di Paris. Saat diselenggarakan Konggres I Fédération Internationale de Football Association. Pada 1928, hasil usaha FIFA dan presiden persatuan sepak bola Perancis (FFFA), Jules Rimet dan rekannya Henri Delaunay, peserta kongres di Amsterdam memutuskan untuk melaksanakan ide tersebut. Setahun kemudian, FIFA secara resmi mempersiapkan sebuah kejuaraan bernama World Cup yang akan berlangsung setiap empat tahun. Pada kongres FIFA tanggal 17 sampai 18 Mei tahun 1929 yang berlangsung di Barcelona Spanyol, Uruguay mendapatkan dukungan dari 23 peserta kongres menjadi tuan rumah Piala Dunia pertama menyingkirkan ambisi Hungaria, Italia, Belanda, Spanyol, dan Swedia. Piala kejuaraan sepak bola dunia ini dikenal dengan nama Piala Jules Rimet.

Piala Jules Rimet dibuat oleh seorang ahli perupa dari Perancis yang bernama Abel La Fleur, Piala tersebut berbentuk oktagonal berlambangkan bumi dipegang oleh Dewa Kemenangan yang bernama Nike (dewa Yunani purba). Piala tersebut terbuat dari emas, mempunyai berat 3.8 kg dan tinggi 35 cm. Pagelaran Sepak Bola Piala Dunia (FIFA) yang pertama kali diadakan di Uruguay, berlangsung dari tanggal 13 juli sampai dengan 30 Juli tahun 1930. Pada Piala Dunia yang pertama ini ada 13 negara ikut bertanding, enam negara dari Amerika Selatan, lima negara lainnya dari Eropa dan dua negara dari Amerika Utara. Uruguay menjadi negara pertama yang merebut piala tersebut, setelah di babak final mengalahkan Argentina dengan skor 4-2.

Selama terjadi Perang Dunia II (PD II) kejuaraan Piala Dunia berhenti kurang lebih selama 12 tahun, dan dimulai kembali pada tahun 1950 dan Brasil bertindak sebagai tuan rumah. Pada tahun 1970 saat Piala Dunia digelar Meksiko, FIFA telah memutuskan Brasil menyimpan Piala Jules Rimet, karena menjadi negara pertama yang juara sebanyak 3 kali, 1958, 1962 dan 1970. Badan induk FIFA kemudiannya membuat piala dunia baru dengan menggunakan emas 18 karat, 36 cm tinggi dan mempunyai berat 4.97 kg dan dirancang oleh seorang ahli perupa terkenal dari Italia, yang bernama Silvio Gazzaniaga. Dan hasilnya Piala Dunia tersebut masih digunakan sampai sekarang. FIFA kemudian menetapkan dan memutuskan, hanya pemimpin negara dan pemenang Piala Dunia saja yang boleh menyentuh Piala Dunia tersebut. Dan yang diberikan untuk disimpan oleh pemenang adalah Replika Piala Dunia yang dilapis emas.
Sumber Artikel dirangkum Dari Berbagai Media Seperti: Wikipedia.org, Buku, Google etc.
Posted On : 27 Januari 2014 Time : 17.04
SHARE TO :
| | Powered By : C.(BH-elatos) | Copyright By : cuerosbhelatos | |