-->
 
Lisanmu juga Surga dan Nerakamu

BERANDAARCHIVEQUR'ANYASINTAHLILAMALAN

     
Sayangi Hidupmu dengan menjaga Lisanmu...!!!
B
erbicara mengenai lisan,,,lisan itu merupakan senjata manusia yang sungguh luar biasanya dahsyat dan ampuhnya,setiap kata-kata yang keluar dari lisan itu tak tampak oleh mata,tidak kasat mata namun nyata. Banyak orang merasa bangga dengan kemampuan lisannya(lidah)yang begitu mahir dan berbicara dan berkata-kata. Lisan merupakan karunia Allah yang demikian luar biasa,dan seharusnya disyukuri dan di jaga dengan hati-hati.

Karena Lisan bisa di gunakan untuk berbagai macam hal,seperti mencari uang,mencari ilmu,mencari saudara,mencari musuh,menyebarkan kebaikan dll. Siapa yang mampu menjaga lisannya dengan baik,dengan menggunakan lisannya untuk berbicara dan berkata-kata hal-hal yang baik maka pastinya akan baik pula apa yang akan didapatkannya. Dan siapa yang suka mengumbar lisannya dengan berkata dan berbicara semaunya,seperti menyebar fitnah suka memaki orang,berbicara kasar,berkata bohong,tentunya yang akan dia dapatkan adalah keburukan,malapetaka,kebencian dan mungkin juga akan mendapatkan musuh dalam kehidupannya.

Banyak orang yang tidak menyadari akan bahayanya lisan,Lisan bisa membuat orang hilang derajatnya,tergelincir dan terjebak dalam kesengsaraan serta bencana juga malapetaka,apabila lisannya sering digunakan untuk mengumbar fitnah,menyebar kebohongan mengadu-domba dll. Lisan juga bisa bisa mengangkat derajat manusia itu setinggi-tingginya apabila setiap perkataan yang keluar selalu baik dan penuh sopan santun,setiap perkataan yang keluar selalu benar.
Sabda Rasulullah Shallallahu‘alaihi wassalam tentang pentingnya menjaga Lisan :
  1. “Sesungguhnya seorang hamba berbicara dengan satu kalimat yang dibenci oleh Allah yang dia tidak merenungi(akibatnya),maka dia terjatuh dalam neraka Jahannam.”(Shahih,HR. Al-Bukhari no. 6092)
  2. “Sesungguhnya seorang hamba apabila berbicara dengan satu kalimat yang tidak benar(baik atau buruk),hal itu menggelincirkan dia ke dalam neraka yang lebih jauh antara timur dan barat.”(Shahih,HR. Al-Bukhari no. 6091 dan Muslim no. 6988 dari Abu Hurairah Rad).

Dari Sabda Rasulullah Shallallahu‘alaihi wassalam diatas dapat kita petik banyak pesan tentang bagaimana caranya menjaga Lisan.

Tips sederhana menjaga Lisan :

  • Biasakan berbicara dan berkata hal-hal yang baik.
  • Hormati dan hargai setiap lawan bicara kita,apakah itu orang tua ataupun juga anak-anak,usahakan selalu berbicara sopan dan santun.
  • Alangkah baik dan bijaknya apabila sebelum bebicara dan berkata-kata,memikirkan dulu apa dan bagaimana akibat dari perkataan yang keluar dari Lisan itu terhadap orang lain.
i
tulah sedikit tips yang sangat sederhana bagimana cara menjaga lisan dengan baik,agar kita bisa selamat baik di dunia dan juga selamat di akherat.
Posted On : 26 November 2013 Time : 18.05
SHARE TO :
| | Powered By : C.(BH-elatos) | Copyright By : cuerosbhelatos | |