-->
 
Bahaya Rokok

BERANDAARCHIVEQUR'ANYASINTAHLILAMALAN

     
NO SMOOKING

S
iapa yang tak kenal dengan rokok? Rokok adalah teman setia bagi setiap orang terutama kaum adam (laki-laki). Awal mula seseorang merokok pada umumnya dimulai karena rasa ingin tahu mereka (iseng), ingin menunjukkan jati dirinya. Berawal dari kebiasaan tersebut akhirnya mereka menjadi kecanduaan. Bagi mereka para pecandu rokok, merokok merupakan satu kebutuhan yang tak bisa ditinggalkan. Dengan merokok mereka akan mersa lebih baik, dan perasaan akan merasa tenang. Padahal efek rokok jauh lebih berbahaya dibanding manfaatnya, karena dengan menghisap rokok secara langsung kita telah memasukkan berbagai macam zat kimia kedalam tubuh kita. Berbagai macam penyakit yang bisa ditimbulkan oleh rokok, di antaranya : kanker tenggorokan, kanker paru-paru, kanker lambung, penyakit jantung koroner, pneumonia, gangguan sistem reproduksi atau impoten. Dalam setiap batang rokok kurang lebih mengandung 5000 zat kimia berbahaya, yang 69 diantaranya merupakan zat karsinogenik (dapat menimbulkan kanker). Zat-zat berbahaya yang terkandung didalam rokok antara lain : tar, karbon monoksida, sianida, arsen, formalin, nitrosamine dan masih banyak lagi.

T
etapi walaupun rokok sudah banyak diketahui bahayanya dan dapat menimbulkan banyak penyakit , masih banyak saja orang yang tetap merokok. Salah satu penyebabnya adalah kandungan nikotin dalam rokok yang menimbulkan kecanduan bagi para perokok, dan apabila mereka tidak merokok, perasaan mereka akan tidak nyaman seperti gelisah, bingung, pusing, pikiran kacau dan lain-lain. Kemudian ketika mereka merokok lagi, dan zat nikotin telah menyentuh otaknya, barulah akan merasa tenang dan dapat berkonsentrasi.

Nah udah tau kan bahayanya rokok, kalau sobat semua pengen mencoba berhenti merokok berikut beberapa tips yang mungkin bisa dicoba.
Tips/cara Berhenti Merokok
  1. Niat yang kuat memutuskan untuk berhenti merokok.
  2. Membuang jauh-jauh semua pikiran tentang rokok dan segala bau yang berhubungan dengan rokok.
  3. Ingat segala keburukan yang diakibatkan oleh rokok.
  4. Perbanyaklah berolahraga
  5. Jauhi alkohol, kopi, dan masakan yang pedas-pedas.
  6. Lebih banyak minum air putih.
  7. Buatlah kesibukan yang menjauhkan kita dari rokok.
  8. Hindari Asap rokok, jauhi orang-orang yang sedang merokok.
  9. Berpikirlah positif bahwa tanpa rokok kita akan baik-baik saja dan bahkan akan lebih sehat.
  10. Berpikirlah kalau keluarga, orang-orang disekitar kita lebih suka dan setuju kalau anda tidak merokok. (write by : me)

Semoga Tips dan Cara berhenti Merokok ini bisa Bermanfaat.
Posted On : 7 Mei 2012 Time : 11.58
SHARE TO :
| | Powered By : C.(BH-elatos) | Copyright By : cuerosbhelatos | |