-->
 
Monumen Trisula di Blitar

BERANDAARCHIVEQUR'ANYASINTAHLILAMALAN

     
Trisula
Ini adalah salah satu tempat wisata sejarah yang berada di daerah Blitar, yaitu Monumen Tugu Trisula. Monumen Trisula dibentuk dan diresmikan pada tanggal 18 Desember 1972. Monumen Trisula ini terletak di sebuah desa di kawasan Blitar selatan, yaitu Desa Bakung Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Monumen Trisula dibangun sebagai wujud untuk memperingati dan mengenang tragedi pemberantasan PKI didaerah Blitar. Mungkin jika kita tergolong sebagai pecinta dan pengagum sejarah pastinya tidak akan melewatkan Monumen Trisula ini, jika ditempuh dari tempat tinggal saya kira-kira membutuhkan waktu kurang lebih satu jam perjalanan.
Untuk mengetahui kenapa dan apa sebabnya dibangunnya Monumen Trisula ini, sekilas kita menyimak sejarahnya. Yaitu Pada tahun 1968 adalah sejarah tertoreh di Blitar, tepatnya di Desa Bakung kawasan Blitar selatan, adalah sebuah proses atau pelaksanaan penumpasan sisa-sisa gerombolan PKI yang melarikan diri dan bersembunyi ke daerah Blitar selatan, yaitu di daerah desa Bakung. Operasi Trisula yang dilakukan oleh Pasukan ABRI bersama-sama rakyat Blitar, saling bahu-membahu dan bekerjasama untuk menumpas aksi pemberontakan PKI yang ada di Blitar.

Sebagai tanda untuk memperingati dan mengenang aksi penumpasan PKI di daerah Bakung kabupaten Blitar selatan ini maka dibangunlah Monumen Trisula, yang kini bisa kita nikmati sebagai salah satu wisata bersejarah yang berada di Blitar. Apabila kita kebetulan melewati kota Blitar, sungguh sangat disayangkan kalau kita tidak singgah ketempat-tempat wisata sejarah yang ada di kota Blitar ini, seperti, Monumen Trisula, Monumen Peta, Makam Bung Karno, Istana Gebang, Candi Penataran, Candi Sawentar, Candi Kotes dan juga masih banyak lagi wisata-wisata alam lainnya.
Source : google etc.
Posted On : 28 Maret 2012 Time : 18.03
SHARE TO :
| | Powered By : C.(BH-elatos) | Copyright By : cuerosbhelatos | |