-->
 
Khasiat Air Putih

BERANDAARCHIVEQUR'ANYASINTAHLILAMALAN

   
Keajaiban AIR
M
engapa sering kali kita mendengar anjuran untuk minum air putih kurang lebih 8 gelas sehari? Apa sih manfaat serta apa pula bahayanya jika tubuh kita kekurangan cairan? Kekurangan 15-25 persen tubuh akan berakibat fatal bagi tubuh manusia. Disamping itu, kekurangan konsumsi air putih dapat menyebabkan gangguan pada fungsi organ tubuh manusia, misalnya gangguan pada ginjal, seperti timbulnya batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Sehingga setiap orang dianjurkan minum air putih dalam jumlah cukup banyak dan juga harus tahu akan manfaat air putih bagi kesehatan.

Gejala lain akibat kekurangan konsumsi air putih yaitu darah akan mengental, sehingga akan mengalami rasa capek dan lesu yang berlebihan dan sering mengantuk. Hal tersebut dikarenakan cairan dalam darah tersedot untuk kebutuhan lain didalam tubuh.

Mengapa kita harus lebih banyak minum air putih?
L
ebih dari 80% komponen tubuh kita adalah cairan, organ yang yang terutama sangat besar cairannya adalah darah dan otak, yaitu 90% dan 95% komponen utamanya adalah air.

Organ manusia yang paling vital adalah otak, sel-sel otak merupakan sel permanen yaitu sel yang tidak mampu memperbaiki dirinya jika sel-sel dalam otak sudah terganggu atau rusak, oleh karena itu sel-sel ini sangat dilindungi. Terdapat selaput pelindung otak yang sebagian besar merupakan cairan atau membran, disinilah peran cairan dalam melindungi organ vital tersebut.

Sedangkan darah terdiri dari 95% air, yang berperan dalam proses sirkulasi darah dalam tubuh, baik mengangkut bahan metabolisme keseluruh organ tubuh kita maupun mengangkut hasil metabolit untuk dikeluarkan melalui ginjal. Kekurangan cairan akan menyebabkan dehidrasi, darah akan mengental dan proses sirkulasi metabolisme dalam tubuh akan terganggu.

Darah yang telah mengental, saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah) ginjal akan bekerja ekstra keras untuk menyaring darah, dan karena saringan dalam ginjal itu halus, tak jarang darah yang mengental menyobek glomerolus dalam ginjal, dan akibatnya air seni anda akan berwarna kemerahan, itu tanda mulai bocornya saringan ginjal (melemahnya fungsi ginjal). Saat darah kental mengalir lewat otak, perjalanan (sirkulasi) akan terhambat. Hal tersebut menyebabkan kinerja otak tidak lagi "encer". Dan karena sel otak adalah sel yang paling banyak mengkonsumsi makanan dan oksigen, maka lambatnya aliran darah ini akan menyebabkan sel otak mati dan tidak lagi berfungsi sebagai mana mestinya. Apabila ini ditambah dengan gangguan jantung (jantung bekerja ekstra keras karena memompa darah yang mengental), maka serangan stroke bisa lekas datang.

Air yang terbuang melalui keringat dan saluran pernafasan dalam sehari maksimum 1liter, tergantung dari suhu dan udara disekitar kita. Belum lagi kalau seseorang tesebut sedang terserang demam, kandungan air yang dikeluarkan dalam setiap nafasnya meningkat, sedangkan jumlah air yang dihirup melalui pernafasannya berkurang drastis karena akibat kelembapan suhu udara disekitar tubuhnya.
Fungsi Air Untuk Pencernaan :
Mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup dalam setiap harinya, akan sangat membantu sistem pencernaan sehingga bisa terhindar dari masalah gangguan pencernaan seperti maag atau juga sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan lebih efisien. Air putih juga membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Dengan minum air putih yang cukup akan membuat tubuh lebih berenergi.

Manfaat Untuk Kesuburan :
Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, akan meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita. Menurut sebuah lembaga penelitian di London Inggris, jika seseorang selalu mandi dengan air dingin maka perdaran darahnya akan lancar dan tubuh akan tersa lebih segar bugar. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh, serta meningkatkan kemampuan atau daya tahan tubuh terhadap serangan virus. Bahkan mandi dengan air dingin dipagi hari juga dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita. Dengan demikian maka kesuburan serta gairah seksual pun akan meningkat.

Menyehatkan Jantung :
Air diyakini juga dapat menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit kewanitaan dan masih banyak lagi. Bahkan saat ini banyak pengobatan alternatif yang memanfaatkan khasiat dan kemanjuran air putih.

Sebagai Obat Stroke :
Khasiat Air panas tak hanya digunakan sebagai pengobat penyakit kulit (gatal-gatal), akan tetapi juga efektif mengobati lumpuh yang dikarenakan stroke. Karena, efek dari air panas tersebut dapat memeperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memeperlancar sistem peredaran darah dan pernafasan. Efek panas dari air akan menyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah timbulnya kekakuan pada otot-otot tubuh, menghilangkan rasa nyeri serta dapat menenangkan pikiran. Kandungan ion-ion dalam air panas terutama khlor, magnesium, hidrogen karbonat dan sulfat, dapat membantu pelebaran pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Kesimpulan : jadi biasakanlah kita untuk mengkonsumsi air putih secara teratur dan cukup.

(source : All Media)
Posted On : 1 Mei 2012 Time : 15.03
SHARE TO :
| | Powered By : C.(BH-elatos) | Copyright By : cuerosbhelatos | |