✔ Candi Yang Indah di Desa Lwa Wentar

Lokasi Candi Sawentar :

Disinilah Candi Sawentar Berada, di sebuah desa kecil bernama Sawentar dulu di Jaman Majapahit bernama Lwa Wentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar.

Candi Sawentar ini adalah salah satu bukti yang menunjukkan bahwa peradaban dan kebudayaan nenek moyang bangsa Indonesia begitu tingginya.

Berada di tengah kedamaian dan kesejukan alam Desa Lwa Wentar (sekarang Desa Sawentar), adalah Candi Sawentar yang merupakan salah satu situs warisan Kerajaan Majapahit, adalah sebuah candi Hindu yang terletak di Dusun Centong Desa Sawentar Kecamatan Kanigoro. Candi Sawentar ini berada pada lahan seluas 1.565 meter persegi. Bisa dibilang unik, sebab bangunan candi ini seolah berada di kolam. Candi Sawentar pertama kali dilakukan penggalian pada Tahun 1915.

Waktu pertama kali di gali, hanya sebagian atas candi saja yang terlihat. Sisanya tertimbun oleh abu vulkanik dari erupsi Gunung Kelud. Candi Sawentar dibangun sebagai tempat pemujaan dan semedi. Ikonografi reliefnya tidak begitu banyak. Lukisan pada candi didominasi oleh gambar Kala yang cukup besar pada empat sisi candi bagian atas.

Pada bangunan utama candi (tepatnya ditengah) sisi sebelah barat, merupakan pintu masuk ke tempat pemujaan. Untuk mencapainya, dari bagian dasar candi pengunjung harus meniti tangga batu yang lebarnya tak sampai satu meter.Didalam tempat pemujaan ini, terdapat Yoni dan Surya Majapahit.

Yoni berupa batu persegi berukuran kurang lebih satu meter, yang ditengahnya berlubang. Bentuknya menyerupai lumpang (media untuk menumbuk padi) sebagai simbul kesuburan. Sedangkan pada bagian atap atau langit-langit tempat pemujaan, melekat relief Surya Majapahit. Surya Majapahit, konon merupakan sebuah simbul yang melambangkan kebesaran atau kejayaan Kerajaan Majapahit.

Komplek Candi Sawentar terawat dengan baik, kondisi taman disekeliling Candi Sawentar juga lumayan indah. Tanaman dan rumput disekitrnya yang terawat dengan rapi membuat suasana semakin asri. Ditambah dengan nuansa pedesaan yang masih alami membuat kita semakin merasa betah dan nyaman saat berada di Candi Sawentar.


Disebelah barat bangunan utama Candi Sawentar, sekitar tahun 1999 juga ditemukan sekumpulan benda-benda purbakala, yang tertimbun didalam tanah pada kedalaman 3 meter, kemudian kumpulan benda-benda purbakala ini diberi nama Candi Sawentar 2.

Candi Sawentar 2 merupakan monumen peninggalan Raja Suhita -Raja Majapahit yang terakhir. Monumen ini dibangun pada Tahun 1.358 Saka atau 1.436 M. Candi Sawentar 2 dibangun untuk mengenang Perang Paregreg, pertempuran perebutan kekuasaan antara Wikrama Wardana dan Bre Wirabumi.


Itulah salah satu peninggalan bersejarah dari nenek moyang kita (Kerajaan Majapahit), yang merupakan bukti bahwa nenek moyang kita memiliki budaya dan peradaban yang tinggi. Dan kini Candi Sawentar menjadi salah satu obyek wisata sejarah yang menjadikan Blitar sebagai Bumi menyimpan banyak sejarah.

Nah Jika sobat kebetulan bertamasya ke Blitar jangan sampai lewatkan untuk mengunjungi keindahan dan kemegahan Candi Sawentar yang merupakan Mahakarya Agung para leluhur bangsa ini.

source : rewrite from magazine and google
Play Music Online ...!
What are you thinking...?
Listening Music in this Site
Try it, because music can make U live enjoy and fun
Trying is the answer ..... !
Indri Lidiawatisaid...

Hmmm ternyata ada yg namanya candi sawentar di daerah kanigoro situ ya,,, kapan2 saya mau main kesana bawa motor aja, deket kok, hehehe :)
nice share!

binkbenksaid...

bareng saya juga bisa hehee :))

ahmad rizal samsisaid...

hehe.. sy baru mampir. udah lama ga ngeblog

binkbenksaid...

iya kemana aja sobat,, pasti sibuk di dunia Offline...

ahmad rizal samsisaid...

iya nih

binkbenksaid...

semoga sukses ya...

Anonymoussaid...

wah di blitar ini yah mas lokasinya, kebarat dikit sudah sampai deh ke kota saya tulungagung mas.
@Rizkyzone.com

binkbenksaid...

Ooo.. dari tulungagung ya deketlah...kira-kira 35 kiloan lah...

Miftahgeeksaid...

Luas areal candi lebih dari 1500 meter persegi namun seolah didalam kolam? Kolam nya gede amat berarti.

binkbenksaid...

iya sob,, itu karena dulunya candi itu udah tertimbun dalam tanah,,,