-->
 
Wisata Bahari Kepulauan Seribu

BERANDAARCHIVEQUR'ANYASINTAHLILAMALAN

     
Wisata Bahari
K
epulauan Seribu', ketika kita mendengar tentang Kepulauan Seribu, pasti terpikir oleh kita adalah deretan pulau-pulau yang jumlahnya mencapai ribuan. Ternyata jumlah pulau di Kepulauan seribu hanya sekitar 110 pulau. Namun meskipun hanya ratusan, kepulauan seribu tetap menyajikan keindahan alamnya yang sungguh luar biasa. Kepulauan Seribu merupakan tujuan wisata bahari yang terletak di utara teluk Jakarta. Kepulauan Seribu menjadi tujuan wisata baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Keindahan Alamnya tak perlu di ragukan lagi, serta didukung dengan fasilitas dan sarana yang sangat memadai.

Lokasi Kepulauan Seribu

Letak Kepulauan Seribu adalah 106.26`.00' BT hingga 106.57`40 BT dan 5.10`.00' LS hingga 106.26.00' LS.
Batas-batas Kepulauan Seribu secara geografis adalah sebagai berikut:
  • Utara: Laut Jawa dan Selat Sunda
  • Selatan: Kecamatan Cengkareng, Penjaringan, Pademangan, Tanjung Priok, Koja, Cilincing, dan Tangerang
  • Timur: Laut Jawa
  • Barat: Laut Jawa dan Selat Sunda
Total keseluruhan pulau yang terdapat di Kepulauan Seribu adalah 110 buah. Pulau paling utara adalah Pulau Sebira.

Keindahan Alam


Kepulauan Seribu memiliki keindahan alam dan kekayaan bahari yang sangat mengagumkan. Pulau-pulau di Kepulauan Seribu terkenal dengan keindahan lautnya.Banyak sekali wisata bahari di Kepulauan Seribu yang ditawarkan kepada para wisatawan . Seperti , scuba diving, snorkeling, underwater aquarium. Saat berjalan didalam lorong Aquarium bawah laut tersebut kita bisa menyaksikan keindahan alam bawah laut tanpa harus menyelam.
Sarana rekreasi seperti banana boat, glass boat, atau jet ski telah tersedia.

' Tujuan Wisata di Kepulauan Seribu '

1. Pulau Ayer

Pulau Ayer merupakan pulau yang mendapat julukan Mutiara Kepulauan, letaknya dekat dengan Ancol. Pulau ini merupakan pulau yang cukup istimewa karena merupakan pulau tempat peristirahatan Presiden Soekarno semasa beliau hidup. Fasilitas yang ditawarkan antara lain banana boat, pemancingan malam hari, dan juga jet ski. Untuk bisa sampai ke pulau ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Pantai Marina, Ancol.

2. Pulau Bidadari

Pulau ini mempunyai dua nama lain yaitu Pulau Sakit dan Pulau Purmerend. Pulau Bidadari menawarkan keindahan alam yang sungguh elok dengan fasilitas cottage apung yaitu pemukiman di atas laut layaknya pemukiman nelayan. Disebut pulau sakit karena di pulau ini pernah didirikan rumah sakit lepra oleh Belanda yang merupakan pindahan dari Angke. Di pulau ini juga banyak terdapat peninggalan zaman Belanda karena pulau ini pernah digunakan sebagai penunjang kegiatan yang ada di pulau Onrust.Karena dekat dengan Jakarta, banyak pengunjung yang datang ke pulau ini tanpa menginap.

3. Pulau Bira Besar

Pulau ini mempunyai pasir putih di sepanjang pantainya dan juga tersedia cottage untuk disewakan. Selain itu, daya tarik lain dari pulau ini adalah tersedianya lapangan golf 9 hole. Memang agak aneh karena pulau ini tidak luas, tetapi merupakan suatu keasyikan ketika bisa bermain golf di sebuah pulau kecil.

5. Pulau Untung Jawa

Diberi nama Pulau Untung Jawa karena mempunyai arti bahwa orang-orang yang berasal dari Pulau Jawa, sangat beruntung karena bisa sampai di pulau ini. Pulau ini sudah dihuni sekitar 6 generasi dan merupakan pulau yang dijadikan Desa Wisata Nelayan. Tentu saja kita bisa mendapatkan ikan-ikan tangkapan nelayan di pulau ini.

6. Pulau Pramuka

Pulau ini merupakan daerah konservasi penyu sisik yang saat ini jumlahnya semakin sedikit. Kita bisa melihat penyu sisik ini di pulau ini dengan catatan dilarang menangkap atau mengambil telur dari penyu ini. Sarana dan prasarana di pulau ini sudah cukup lengkap yaitu sekolah, tempat ibadah, dan juga rumah sakit. Pulau ini juga sudah dihuni dengan jumlah penduduk yang cukup banyak. Hutan bakau juga ditanam di sekitar pulau untuk mencegah abrasi pantai.

7. Pulau Onrust

Pulau Onrust bisa dibilang merupakan dermaga
kapal pada zaman Belanda karena banyak
kapal-kapal yang berlabuh ke pulau ini
terlebih dahulu sebelum berlabuh di
Batavia. Banyak sekali bangunan-
bangunan bersejarah zaman Be-
landa yang ada di pulau ini dan
salah satu rumah yang masih
utuh dijadikan sebagai muse-
um Pulau Onrust.Selain pulau
-pulau yang disebutkan di atas
masih banyak lagi pulau-pulau
lain yang bisa dikunjungi saat,,
kita berwisata ke kepulauan se-
ribu. Misalnya saja Pulau Tidung
yang menyediakan sarana snorkling
untuk melihat keindahan taman laut.
Tidak usah khawatir, kita bisa pergi ke
pulau-pulau yang ada di kepulauan seribu dengan sendirian dan cukup bertanya ke orang-orang yang ada di sekitar dermaga. Tidak perlu takut kita tidak akan mendapat tempat menginap karena kita bisa membuat tenda di pinggir pantai. Bukankah itu merupakan suatu wisata menarik?

8. Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah salah satu tempat wisata di kepulauan Seribu. Pulau Tidung yang terdiri dari Tidung Besar dan Tidung Kecil yang dihubungkan oleh jembatan panjang yang dinamakan Jembatan Cinta. Jembatan ini terletak di Kepulauan Seribu Selatan bagian barat. Pulau ini memiliki pesona alam yang sangat indah, menyuguhkan panorama terumbu karang , lautan biru, serta pantai berpasir putih. Pulau Tidung memiliki luas daratan 106,90 hektar, ini termasuk kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Pemandangan Yang Indah

Pulau Tidung menawarkan keasrian pemandangan yang masih asli. Terdapat banyak jajaran ila-
lang dan pohon nyiur melambai meng-
hiasi sepanjang jalan jalur sepeda.
Momen saat matahari terbenam
adalah momen paling menarik
dari pulau Tidung, karena mo-
men dimana saat matahari terbe-
nam itu menghadirkan pemanda-
ngan langit yang sungguh luar biasa
indahnya. Kalau begitu tunggu apalagi,
Ayo berlibur, dan menikmai indahnya Ke-
pulauan Seribu, serta abadikan setiap momen-momen yang anda lewati disana.
Artikel dan gambar dikumpulkan dan di rangkum dari wikipedia, buku, google dll.

Mention and Follow twitter

Berikut ini adalah screenshot bukti follow dan mention twitter pribadi saya di @jakartaTourism dan @VIVA_log

** Screenshoot Tweet and Follow twitter @jakartaTourism and @VIVA_log **


Oke sobat sekian dulu, semoga apa yang saya share ini bisa menambah pengetahuan kita tentang wisata dan kekayaan alam indonesia, terutama Wisata Bahari Kepulauan Seribu.
Posted On : 1 Agustus 2013 Time : 20.48
SHARE TO :
| | Powered By : C.(BH-elatos) | Copyright By : cuerosbhelatos | |